Home Berita Nasional Negara Lain Berbondong-bondong Bantu Korban Bencana Sulteng

Negara Lain Berbondong-bondong Bantu Korban Bencana Sulteng

270
0
SHARE

Jakarta – Bencana gempa dan tsunami yang melanda Donggala, Palu dan wilayah lain di Sulawesi Tengah (Sulteng) mendapat perhatian khusus dari negara lain. Mereka pun menawarkan bantuan untuk menangani para korban.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau lokasi bencana di Kelurahan Petobo Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Rabu (3/10/2018).

Jokowi menyebutkan, tiga hari lalu, Raja Salman dari Arab Saudi sudah menelepon dirinya. Begitu juga Perdana Menteri Australia menghubunginya menawarkan bantuan.

“Tadi malam Presiden Donald Trump juga telepon,” kata Jokowi di Palu Selatan.

Presiden Jokowi mengakui bantuan asing tersebut sudah mulai masuk ke daerah terdampak bencana gempa dan tsunami di Sulteng.

“Bantuan sudah mulai masuk, pesawat-pesawat bantuan masuk, logistik masuk,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, mereka negara negara sahabat memberikan komitmennya sebagai sahabat yang baik untuj tahapan pencarian maupun tahapan rekonstruksi.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa tidak ada penjarahan di lokasi bencana.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan sudah menyampaikan kepada Panglima TNI maupun Kapolri untuk menjaga semua titik penting.

“Tidak ada yang namanya penjarahan, tidak boleh ada,” katanya.

Sementara itu mengenai perlunya pemukiman baru, Presiden Jokowi sudah berkomunikasi dengan gubernur dan bupati/wali kota mengenai perlunya penelitian terhadap titik atau garis patahan yang ada di daerah itu.

“Saya sampaikan kepada gubernur dan bupati agar masyarakat diajak bicara untuk dipindah ke tempat lain, dan saya sudah sampaikan meski 20 km dari sini, tapi aman dalam jangka panjang,” katanya.(WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 9 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.