Home Berita Nasional Ada Seruan Jihad Dalam Kumandang Adzan, Begini Respon Wamenag

Ada Seruan Jihad Dalam Kumandang Adzan, Begini Respon Wamenag

335
0
SHARE
Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, KH. Zainut Tauhid Sa'adi. (foto:kabar24)

Wasathiyyah.com, Jakarta – Dunia maya tengah dihebohkan dengan kemunculan video orang yang mengumandangkan adzan namun dengan sisipan kalimat seruan jihad di dalamnya.

Kalimat hayya ‘alash sholah diganti dengan kalimat hayya ‘alaljihad. Dalam video tersebut juga nampak beberapa orang yang sedang memegang senjata tajam saat adzan dikumandangkan.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH. Zainut Tauhid Saadi mengaku masih mendalami konteks pembuatan rekaman adzan tersebut, apakah itu sebatas konten sosial media saja atau ada pesan khusus di dalamnya. Jika adzan tersebut memang memiliki pesan ajakan berperang, maka adzan tersebut tidak relevan untuk konteks Indonesia yang damai. Demikian menurut Wamenag.

“Jika seruan itu dimaksudkan memberi pesan berperang, jelas tidak relevan. Jihad dalam negara damai seperti Indonesia ini tidak bisa diartikan sebagai perang,” kata Kiai Zainut melalui pesan tertulis kepada Republika.co.id, Senin (30/11).

Oleh karenanya, Wamenag mengajak pimpinan ormas Islam dan para ulama untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat agar tidak terjebak pada penafsiran tekstual tanpa memahami konteks dari ayat Al Quran atau hadits. Pemahaman agama yang hanya mendasarkan pada tekstual dapat melahirkan pemahaman agama yang sempit dan ekstrem.

Wamenag menilai, apa pun motifnya, video tersebut bisa berpotensi menimbulkan kesalahan persepsi di masyarakat.

“Di sinilah pentingnya pimpinan ormas Islam, ulama dan kiai memberikan pencerahan agar masyarakat memiliki pemahaman keagamaan yang komprehensif,” ujarnya.

Kiai Zainut mengatakan, dalam menyikapi masalah tersebut hendaknya semua pihak dapat menahan diri dan melakukan pendekatan secara persuasif dan dialogis. Selain itu, menghindarkan diri dari tindakan kekerasan dan melawan hukum. (WST/RS/republika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 9 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.