Home Berita Internasional Sheikh Ahmed El-Tayyeb, Islam dan Pembaharuan

Sheikh Ahmed El-Tayyeb, Islam dan Pembaharuan

149
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Cairo–Islam dan pembaharuan selalu berjalan selaras dan beriringan. Hal ini disampaikan oleh Grand Shaikh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmed El-Tayyeb pada Opening Ceremonial Konferensi Internasional Al-Azhar, kemaren (Senin, 27/01) di Hotel Kempenski Cairo.

Konferensi Internasional  yang membahas tentang pembaharuan wacana keagamaan, mengatasi kesalahpahaman tentang Islam, membahas isu-isu perempuan dan keluarga, serta peran lembaga-lembaga keagamaan, akademik, dan internasional ini, didukung penuh oleh Presiden Mesir Abdel-Fattah El-Sisi. Dia berpesan kepada lembaga-lembaga agama, terutama Al-Azhar Mesir, agar fokus pada pembaharuan wacana keagamaan.

Pesan presiden Mesir itu disambut oleh Grand Sheikh Al-Azhar bahwa pembaharuan pada hal yang berubah (mutaghayyir) adalah sebuah keniscayaan. Pintu ijtihad di wilayah bukan permanen (tsawabit) ini, terbuka lebar.

“Ajaran Islam terdapat tsawabith, hukum-hukum ibadah bersifat pasti, tidak ada pintu ijtihad, seperti; sholat, puasa, zakat dan haji, namun terdapat bersifat mutaghayyir atau terdapat pintu ijtihad yang lebih luas.” Pesan Imam besar Al-Azhar, Sheikh Ahmed El-Tayyeb kepada sekitar 300 ulama utusan dari 41 negara Muslim di dunia.

Sheikh Ahmed El-Tayyeb mengumumkan tentang pendirian lembaga tentang warisan dan pembaruan Al-Azhar, yang dibentuk oleh para cendekiawan, profesor dan pakar Islam yang berhak mempromosikan pembaruan dari dalam dan luar Mesir.

Beliau juga berharap konferensi internasional itu dapat menyampaikan pesan kepada dunia bahwa Islam adalah agama penuh dengan toleransi dan anti ekstrimisme, dengan cara mengokohkan manhaj wasathiyyah ala Azhary.

“Saya berharap konferensi ini bisa menyampaikan pesan toleransi dan anti ekstrimisme kepada dunia.” Kata Grand Sheikh Al-Azhar yang dikutip Al-Ahram. (WST/YNF/SH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.