Home Berita Internasional Presiden Mesir Abdel-Fattah El-Sisi, Dukung Pembaharuan Pemikiran Islam

Presiden Mesir Abdel-Fattah El-Sisi, Dukung Pembaharuan Pemikiran Islam

173
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Cairo— Presiden Mesir, Abdel-Fattah El-Sisi mendukung penuh acara Konferensi Internasional Al-Azhar tanggal 27-28 Januari 2020 di Cairo. Menurutnya, acara ini menjadi awal dari rangkaian konferensi tahunan yang bertujuan mengembangkan pemikiran Islam.

El-Sisi meminta lembaga-lembaga keagamaan, terutama Al-Azhar, untuk memberikan perhatian khusus pada pembaharuan wacana keagamaan. Dia menekankan bahwa jika tidak melakukannya akan membiarkan pintu terbuka bagi kaum muda untuk dipengaruhi oleh penafsiran Al-Quran dan Sunnah yang salah.

“Presiden El-Sisi ingin konferensi internasional Al-Azhar ini, menjadi awal dari rangkaian konferensi tahunan yang bertujuan mengembangkan pemikiran Islam.” Kata Anggota parlemen Mesir Mostafa Madbouly atas nama Presiden Mesir.

Presiden Mesir berulang kali menekankan pentingnya memiliki wacana keagamaan yang seimbang untuk menghadapi ekstremisme dan ideologi radikal. Dia menyalahkan wacana keagamaan yang sudah ketinggalan zaman, dan sering meminta ulama Islam untuk mereformasi pidato keagamaan mereka untuk menghadapi ideologi ekstremis.

“Pembaruan yang kami cari tidak mengatasi prinsip-prinsip agama, kepercayaan atau keputusan yang disepakati oleh para ulama, tetapi menargetkan pembaruan dalam yurisprudensi bidang interaksi manusia dan ilmu pengetahuan,” kata Madbouly.

Pembaharuan yang dimaksud, bukan pembaharuan pada hal-hal yang sudah paten (tsawabith), melainkan hal-hal yang harus berubah (mutaghayyir). Salah satu yang berubah itu adalah tentang maslah bernegara, sehingga dari era ke era, ada perubahan ke arah yang lebih baik.

“Keyakinan kami adalah tetap dan itu adalah bagian dari rahmat Tuhan kita, tetapi kami mencari perubahan sesuai dengan perkembangan, yang berubah dari satu negara ke negara lain, dan era ke era, dan berbeda dari satu orang ke orang lain,” katanya. (WST/YNF/SH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.