Home Berita Internasional Delegasi KBRI Cairo Kunjungi Kawasan Suez Canal Economic Zone Bahas Upaya Kerjasama...

Delegasi KBRI Cairo Kunjungi Kawasan Suez Canal Economic Zone Bahas Upaya Kerjasama Bisnis dan Investasi

135
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Suez — Delegasi KBRI Cairo yang diketuai Atase Perdagangan KBRI Cairo, Irman Adi Purwanto Moefthi, didampingi Sekretaris II Fungsi Ekonomi, Kuntum Khaira Ummah beserta staf, kemaren (24/2) diterima oleh Eng. Yehia Zaky, Kepala Suez Canal Economic Zone beserta para Deputi General Authority for Suez Canal Economic Zone di Sokhna, Suez.

Dalam pertemuan, kedua pihak membahas dan mengeksplorasi peluang investasi dan perdagangan Indonesia-Mesir, salah satunya melalui Canal Suez. Upaya ini dilakukan dalam rangka memperkuat hubungan ekonomi kedua negara.

Eng. Yehia Zaki menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kunjungan Delegasi KBRI Cairo dan sangat senang atas keinginan Indonesia untuk mengenal lebih dekat zona ekonomi di Suez.

“Kami sangat bergembira atas kunjungan ini, yang pada akhirnya nanti akan memberi kontribusi pada upaya peningkatan volume perdagangan dan investasi Indonesia di Mesir di kawasan Suez yang strategis dengan insentif pajak dan bea cukai,” ungkap Eng. Yehia

Sementara itu, Atase Perdagangan KBRI Cairo, Irman Adi Purwanto Moefthi menegaskan keinginan Indonesia untuk mendukung dan mengembangkan hubungan kerja sama di Mesir di berbagai bidang dan mencari positioning yang tepat untuk perusahaan Indonesia di dalam zona ekonomi Suez ini.

“Peluang Perdagangan dan Investasi di beberapa kawasan industri di Mesir ini termasuk di Suez Canal Economic Zone perlu menjadi pertimbangan untuk penetrasi dan perluasan pasar produk Indonesia di Mesir dan kawasan Afrika dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah Mesir”, ungkap Irman.

Melalui kawasan Suez Canal dengan terintegrasinya sarana Pelabuhan, logistik dan industri menjadi pintu gerbang untuk memudahkan penetrasi pasar ke AS, Eropa, Afrika dan Timur Tengah.

Dijelaskan pula bahwa dalam kaitan membangun kerja sama ini, KBRI membutuhkan informasi lebih rinci mengenai bagaimana membangun bisnis di kawasan ekonomi Suez ini sebagai bahan pertimbangan untuk pengusaha dan investor Indonesia.

Menanggapi hal tersebut,  Eng. Yehia Zaki menyampaikan Timnya akan menyiapkan paket informasi yang dibutuhkan Indonesia, dan siap untuk berkoordinasi lebih lanjut dengan KBRI Cairo untuk memastikan jalannya kerja sama.

Sementara itu, Sekretaris II Ekonomi KBRI Cairo, Kuntum Khaira Ummah menambahkan selain upaya investasi pebisnis Indonesia ke Mesir, KBRI Cairo juga mengundang pebisnis dan investor Mesir untuk berinvestasi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan misi Pemerintah RI untuk meningkatkan misi diplomasi ekonomi dengan negara mitra, termasuk dengan Mesir. Ditambahkan, Indonesia juga sedang merancang pembangunan ibukota baru di Kalimantan, yang tentunya membuka peluang bisnis bagi investor dan pengusaha Mesir. Dalam kesempatan ini juga disampaikan undangan untuk berpartisipasi pada Halal Industries Summit yang akan berlangsung di Jakarta pada  1-2 November 2020 mendatang, yang didahului dengan business meeting pada 27-31 Oktober 2020.

Di sela pertemuan, Tim SCEZ mempresentasikan film promosi tentang kawasan ekonomi Suez yang mencakup karakteristik kawasan industri dan pelabuhan, dan proyek-proyek paling penting yang dilakukan otoritas dalam pembangunan infrastruktur dan pelabuhan serta investasi paling penting di kawasan itu.

Pada kunjungan ini, delegasi KBRI Cairo juga berkesempatan mengunjungi zona industri di Pelabuhan Sokhna dan melihat langsung proyek-proyek investasi yang telah berjalan.

“Kita berharap, kerja sama Indonesia dengan Otoritas Suez ini dapat berkelanjutan di masa mendatang, sehingga lebih banyak kerja sama bisnis yang saling menguntungkan untuk kemakmuran dua negara”, ucap Atdag mengakhiri kunjungan. (WST/YNF/SAD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.