Home Berita Internasional Konferensi Internasional Moderasi Islam Bakal Dihadiri 500 Ulama

Konferensi Internasional Moderasi Islam Bakal Dihadiri 500 Ulama

440
0
SHARE
Fauzan Zakaria
Washatiyyah.com, Mataram–Konferensi Internasional Moderasi Islam akan digelar pada 26-29 Juli 2018 mendatang di Mataram. Acara yang digagas Forum Komunikasi Alumni Timur Tengah (Timteng) Nusa Tenggara Barat (NTB), Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat itu akan dihadiri 500 ulama dari 32 negara.
Konferensi tersebut akan membahas persoalan moderasi Islam dalam perspektif mazhab ahlusunah waljamaah.
Ketua panitia acara tersebut, TGH Fauzan Zakaria menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan selama konferensi nanti, di antaranya seminar dan diskusi tentang pemahaman Islam moderat.
Lebih jauh Fauzan Zakaria menjelaskan, seminar itu juga membahas masalah pemahaman pandangan hukum Islam dalam politik. Ia melanjutkan, persoalan kekinian yang sedang dihadapi masyarakat Indonesia saat ini terkesan terpecah dalam pandangan politik. Banyak kelompok yang menyalahkan kelompok lain karena berbeda pandangan politik. Melalui seminar ini, ucap ketua BPPD NTB ini, pembahasan hukum Islam dalam berpolitik menjadi salah satu topik utama yang dibahas.
Ia membantah anggapan konferensi ulama ini sebagai salah satu bentuk upaya penggalangan dukungan bagi Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) yang berniat maju pada bursa cawapres Jokowi.
“Tidak ada kaitan antara langkah politik gubernur dengan agenda konferensi ulama ini, meskipun beliau merupakan Ketua alumni Al-Azhar yang menginisiasi konferensi ini, pertemuan ini murni membahas Islam moderasi dari perspektif mazhab ahlusunah waljamaah,” paparnya seperti dikutip dari laman postkotantb.com, Senin (23/7/2018)
Pada konferensi ini, 32 negara mengirim wakilnya untuk hadir pada acara nanti. 32 negara yang mengirimkan delegasinya yakni di antaranya, negara-negara Timur Tengah, Eropa dan Asia. Sementara dari dalam negeri juga akan dihadiri ulama dari seluruh provinsi di Indonesia, perwakilan dari organisasi muslim seperti NU, Muhamadiyah dan ormas Islam lainnya.(WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.