Home Berita Internasional OKI Desak India Hentikan Diskriminasi Terhadap Muslim Saat Corona

OKI Desak India Hentikan Diskriminasi Terhadap Muslim Saat Corona

306
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Jakarta – Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mendesak pemerintah India untuk sesegera mungkin menghentikan diskriminasi terhadap warga muslim yang terjadi di negaranya.

Di India, diskriminasi disinyalir sudah terjadi sebelum merebaknya pandemi Corona baru (Covid 19) yaitu saat polemik amandemen undang-undang kewarganegaraan di negara itu. Saat pandemi merebak, muncul kampanye negatif yang menyebut warga muslim sebagai pembawa virus sehingga terjadi beberapa kali kekerasan terhadap warga muslim hingga menimbulkan kematian.

“OKI mendesak Pemerintah India mengambil langkah untuk menghentikan gelombang Islamofobia yang berkembang di India dan melindungi hak-hak minoritas Muslim. OKI mengutuk kampanye Islamofobia yang tak henti-hentinya di India memfitnah Muslim menyebarkan Covid-19 serta membuat profil mereka di media negatif yang menjadikan mereka didiskriminasi,” kata OKI seperti dilansir¬†the Week¬†pada Senin (20/4).

Atas desakan ini, tidak ada reaksi dari pemerintah India, khususnya dari Kementerian Luar Negeri India. Sebelumnya, India mengecam 57 negara anggota OKI yang mengatakan bahwa badan seperti OKI tidak seharusnya mengeluarkan pernyataan tidak bertanggungjawab.

Demikian juga juru bicara MEA, Anurag Srivastava, yang mengecam komisi AS untuk Kebebasan Beragama Internasional (USCIRF) karena dinilai membawa urusan agama dalam tujuan memerangi Covid 19. Komisi tersebut sebelumnya melaporkan bahwa terdapat pemisahan pasien berdasar agama di rumah sakit Ahmedabad, Gujarat.

USCIRF menyatakan prihatin atas laporan pasien Hindu dan Muslim yang dipisahkan di bangsal rumah sakit di Gujarat. Tindakan semacam itu hanya meningkatkan stigmatisasi umat Islam yang sedang berlangsung di India dan memperburuk desas-desus tentang Muslim yang menyebarkan Covid-19. (WST/RS/republika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.