Home Berita Internasional Usai Oezil, Giliran Khabib Nurmagomedov Doakan Muslim Uighur

Usai Oezil, Giliran Khabib Nurmagomedov Doakan Muslim Uighur

160
0
SHARE
Khabib Nurmagomedov

Wasathiyyah.com, Jakarta — Nasib muslim Uighur di Xinjiang, China mendapat perhatian dari sejumlah pihak, termasuk tokoh olahraga dunia. Setelah sebelumnya pemain Arsenal Mesut Oezil angkat suara soal muslim Uighur, kini giliran Khabib Nurmagomedov.

Petarung UFC asal Rusia itu ikut mendoakan agar muslim Uighur diberi kemudahan. Hal itu diutarakan Khabib lewat akun Instagramnya yang membuat unggahan di Instastory-nya.

Ia mengomentari sebuah video tentang sejarah muslim Uighur, yang kabarnya kini sedang ditahan dalam sebuah kamp konsentrasi di Xinjiang, China.

“Ya Allah, berikanlah kemudahan bagi saudara-saudara Uighur kami,” tulis Khabib.

Khabib adalah seorang petarung mix martial art (MMA) yang merupakan Juara Dunia Combat Sambo dan dua kali Juara UFC kelas ringan.

Dia saat ini memegang rekor tak terkalahkan terpanjang di MMA, dengan 27 kemenangan, dan tetap tak terkalahkan dalam MMA profesional.

Khabib merupakan orang Rusia pertama dan Muslim pertama yang memenangkan gelar UFC.

Sebelumnya, sedang ramai tentang pro kontra atlet bicara tentang muslim uighur. Gelandang Arsenal, Mesut Oezil, disorot karena membuat unggahan soal Uighur.

Imbasnya, Oezil mendapat kritikan keras, baik dari pemerintah hingga masyarakat China. Caranya pun bermacam-macam, dari kritikan di media massa, kecaman di media sosial, hingga diboikot di internet hingga video game.

Sementara beberapa pihak juga ada yang mendukung Oezil. Eks pemain Timnas Jerman itu dinilai bebas mengekspresikan apa saja, termasuk tentang isu dugaan pelanggaran HAM pada muslim Uighur. (WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.