Home Berita Internasional Grand Syaikh Al Azhar Kepada Perwakilan Tinggi PBB : Al Azhar Mengulurkan...

Grand Syaikh Al Azhar Kepada Perwakilan Tinggi PBB : Al Azhar Mengulurkan Tangan Bagi Setiap Inisiatif Perdamaian

334
0
SHARE
Grand Syaikh Al Azhar, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyib menerima kunjungan perwakilan tinggi PBB untuk Aliansi Peradaban, Miguel Moratinos di Kairo.

Wasathiyyah.com, Cairo – Miguel Moratinos : “Dokumen Persaudaraan Kemanusiaan sangat diandalkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menghindari konflik agama dan peradaban.”

Grand Syaikh Al Azhar, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyib, menerima Miguel Moratinos, perwakilan tinggi PBB untuk Aliansi Peradaban di kantor Syekh Al Azhar untuk membahas kerja sama antara Al Azhar dan PBB di bidang penyebaran perdamaian dan koeksistensi serta memerangi kekerasan dan ekstremisme.

Moratinos mengatakan bahwa dunia membutuhkan dialog konstruktif dengan para pemimpin agama untuk menghindari konflik agama dan peradaban yang telah menjadi bahaya yang diperkirakan. Ia menekankan bahwa dokumen Persaudaraan Kemanusiaan adalah salah satu fondasi terpenting di mana inisiatif PBB di masa depan untuk mengatasi fenomena ini. 193 negara-negara yang mewakili negara-negara anggota OKI, menunjukkan bahwa upaya Al Azhar dengan Vatikan dalam menggagas dokumen tersebut dapat mendorong dunia menuju hari esok yang lebih baik.

Perwakilan Tinggi PBB mengatakan bahwa komite bersama akan dibentuk antara politisi dan ulama. Pertemuan pertama akan berlangsung pada 13 Mei di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa. Partisipasi Al Azhar akan menjadi pusat bagi komite-komite ini, karena merupakan landasan inisiatif PBB dan menjadi lembaga paling aktif dalam dialog antar peradaban.

Sementara itu, Grand Syaikh menekankan kepada Perwakilan Tinggi PBB ini bahwa Al Azhar selalu terbuka untuk lembaga-lembaga keagamaan di dunia. Dan, keterbukaan ini membuahkan hasil berupa lahirnya dokumen Persaudaraan Kemanusiaan yang diinisaisi oleh kerjasama dua pihak yaitu Al Azhar dan Vatikan. Ini menunjukkan bahwa dokumen ini telah menjadi sangat penting, terutama dalam merespon fenomena meningkatnya Islamophobia, wacana kebencian dan benturan peradaban.

Grand Syaikh menambahkan bahwa dunia sangat membutuhkan semua inisiatif perdamaian. Juga bahwa para pemimpin politik harus menyadari pentingnya dimensi keagamaan yang telah menjadi tempat khusus di hati orang-orang agar memperingatkan mereka yang mencoba membawa agama ke dalam konflik, terutama Islam dan Kristen. Ia menekankan bahwa konflik seperti ini lebih mudah terbakar daripada perang dan krisis ekonomi. Selain itu, ia juga menekankan bahwa Al Azhar senantiasa terbuka dan mengulurkan tangannya bagi semua inisiatif yang melayani perdamaian.

Dalam konteks yang sama, Observatorium Al Azhar Untuk Menangkal Ekstremisme, juga menerima kunjungan Moratinos. Moratinos berkunjung untuk belajar tentang upaya Observatorium ini dalam upaya-upaya meredam ide-ide ekstremis, memperbaiki kesalahpahaman dan menyangkal upaya-upaya organisasi teroris untuk merekrut kaum muda.

Selama kunjungan ini, Observatorium Al Azhar memberikan presentasi tentang mekanisme kerja yang mencakup 12 unit dalam bahasa Arab dan bahasa asing, dan menyoroti masalah-masalah yang dihimpun oleh Observatorium dengan mempelajari dan menganalisis di tingkat lokal dan internasional.

Perwakilan Tinggi PBB mengatakan bahwa observatorium Al Azhar memiliki peran yang sangat penting dalam merespon isu-isu yang berkembang saat ini. Ia menambahkan bahwa kerjasama Observatorium dengan mereka yang terkait dengan upaya memerangi ekstremisme dan terorisme di Eropa menjadi sangat penting. Moratinos juga mengadakan dialog panjang dengan pengawas dan peneliti Observatorium untuk mengidentifikasi studi tentang “profil kepribadian ekstremis” yang sedang dilakukan Observatorium di semua unitnya. Ia juga menyampaikan penghargaan atas upaya yang dilakukan oleh Al Azhar dalam menghadapi pemikiran-pemikiran ekstrimis dan seruan-seruan kekerasan. (WST/RS/sawtalazhar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.