Home Berita Internasional PBB : Setengah Populasi Yaman akan Dilanda Kelaparan Tahun Depan

PBB : Setengah Populasi Yaman akan Dilanda Kelaparan Tahun Depan

167
0
SHARE
Warga Yaman di kamp pengungsian. Terancam kelaparan tahun depan akibat perang. (gambar : cbsnews)

Wasathiyyah.com, Sanaa – PBB mengeluarkan pernyataan pada Rabu lalu bahwa akibat kurangnya dukungan internasional, setengah dari populasi di Yaman akan mengalami kelaparan pada tahun depan.

“Hingga saat ini kondisi dana yang ada di PBB untuk rencana bantuan ke Yaman tahun depan masih kurang dari setengah kebutuhan, baru 49%,” kata Stephane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB.

“Total kebutuhan dana lebih dari 3 miliar dolar AS. Saat ini jumlahnya masih kurang dari setengah jumlah dana yang terkumpul pada tahun lalu,” lanjut Dujarric.

“Kami sekarang hanya bisa membantu sekitar 9 juta orang setiap bulan, ini menurun dari kemampuan tahun lalu yang sanggup membantu 13 juta orang pada awal tahun ini,” katanya.

“Lebih dari 80 persen rakyat Yaman membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan,” sambungnya.

“Tahun depan, kami perkirakan ada lebih dari setengah rakyat Yaman akan mengalami kelaparan, dan kami memperkirakan 5 juta orang akan hidup hanya satu langkah lagi dari kelaparan dan sekitar 50.000 orang akan hidup dalam kondisi seperti kelaparan,” Dujarric mengulangi.

Yaman telah terperosok dalam perang sejak Houthi menggulingkan pemerintah yang diakui secara internasional di ibu kota, Sanaa, pada akhir 2014.

Kondisi ini mendorong koalisi Arab Saudi yang didukung Barat untuk campur tangan di Yaman pada Maret 2015. Konflik tersebut telah menyebabkan 233.000 orang tewas dan 80 persen dari populasi – sekitar 30 juta orang – bergantung pada bantuan, menurut PBB. (WST/RS/middleeastmonitor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.