Home Berita Internasional KBRI Cairo Menggelar Seminar Desain dan Brand Produk Kopi Pertama di Mesir

KBRI Cairo Menggelar Seminar Desain dan Brand Produk Kopi Pertama di Mesir

153
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Cairo–Guna melakukan upaya diversifikasi dan peningkatan daya saing produk ekspor, khususnya kopi, KBRI Cairo bekerja sama dengan salah satu perusahaan dan importir kopi terbesar di Mesir, Zahret El Bon Brazili, untuk pertama kalinya mengusung kegiatan bertajuk Seminar dan Business Forum “Indonesia’s Design & Branding Development”.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 17 Desember 2019 di hanggar pergudangan kopi milik Zahret El Bon Brazili, Obour City, dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzy, dan dihadiri oleh Atase Perdagangan KBRI Cairo, perwakilan dari Kementerian Perdagangan RI, sejumlah pelaku usaha di bidang kopi, creative designer, brand manager, akademisi, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Dalam sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy menerangkan, “Dalam bisnis ekspor kopi ke Mesir ini sudah saatnya melibatkan UKM agar bergerak maju dan ambil bagian dalam eksportasi kopi ke Mesir, bisa dengan skema dibawah naungan badan koperasi yang dapat bertindak sebagai agregator untuk membantu dari sisi pemenuhan kapasitas produk, perizinan ekspor, pengapalan hingga penjaminan produk diterima importir”.  Percepatan eksportasi kopi maupun komoditas lainnya ke Mesir ini, tentunya tidak terlepas dari kerjasama dengan perusahaan Mesir yang telah teregistrasi baik sebagai eksportir dan importir.

Pada kesempatan yang sama, pimpinan Zahrat El Bon Brazili/ Chairman of Coffee Division, Egyptian Chamber of Commerce, Hassan Fawzy menyambut baik kegiatan seminar dan forum bisnis ini. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini dapat menambah wawasan pengusaha Mesir terhadap desain,kemasan dan brand produk kopinya yang berpengaruh penting pada preferensi dan segmen konsumen di pasar. Sebagai catatan, selama ini total importasi kopi melalui perusahaan Zahrat El Bon dari Indonesia mencapai 70% dari total import kopi perusahaan secara keseluruhan.

Pada kegiatan seminar dan forum bisnis ini, Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Ari Satria,
bertindak sebagai narasumber dengan menyampaikan paparan berjudul “Indonesian Coffee Product Development and Brand”.

Ari menjelaskan, “dalam menciptakan produk berkualitas, bernilai tambah dan berdaya saing, perhatian terhadap disain, pengembangan branding dan kemasan menjadi hal yang sangat penting bagi suatu produk, yang dalam hal ini diwakili oleh kopi, guna dapat memperluas segmentasi dan pangsa pasar yang peruntukkannya tidak hanya di dalam negeri namun juga untuk ekspor ke luar negeri”.

Dengan paparan yang diberikan, diharapkan dapat memberi gambaran atas daya saing produk Indonesia melalui pengembangan desain dan branding yang telah dilakukan selama ini di tanah air, sekaligus menunjukan kesiapan produk dalam negeri Indonesia untuk dapat masuk ke pasar Mesir.

Di sela kegiatan seminar ini, juga dilakukan penyerahan Piala Primaduta Award 2019 oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir kepada Pimpinan Zahrat El Bon Brazili. Penganugerahan Primaduta Award 2019 ini menjadi kali kedua, setelah sebelumnya tahun 2016 pihak perusahaan juga telah menerimanya. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.