Home Berita Internasional Mesir Membuka Museum Sebagai Penghormatan untuk Naguib Mahfouz

Mesir Membuka Museum Sebagai Penghormatan untuk Naguib Mahfouz

245
0
SHARE
Pengunjung asing membaca biografi almarhum penulis Mesir Naguib Mahfouz setelah pembukaan resmi museum di Kairo, Mesir, 14 Juli 2019. Foto diambil pada 14 Juli 2019.

Wasathiyyah.com, Cairo – Sebuah museum untuk memperingati kehidupan dan karya-karya novelis Mesir Naguib Mahfouz telah dibuka di Kairo, hampir 13 tahun setelah kematian peraih Nobel itu.

Museum dan Pusat Kreativitas Naguib Mahfouz menampung barang-barang dan perpustakaan pribadi Mahfouz, yang memenangkan Hadiah Nobel Sastra 1988 – satu-satunya orang Arab yang melakukannya.

Pusat itu, di sebuah gedung yang dibangun kembali sejak 1774, telah direncanakan bertahun-tahun tetapi telah tertunda karena masalah keuangan dan masalah lainnya.

“Saya berharap museum ini menjadi pusat radiasi budaya dan objek wisata,” kata Menteri Kebudayaan Mesir Inas Abdel Dayem pada upacara pembukaan.

Bangunan dua lantai di distrik Gamaliya Kairo dekat dengan tempat penulis itu lahir dan daerah itu menjadi inspirasi bagi banyak kisah dan karakternya.

Selain menampilkan beberapa barang-barang pribadinya dan teks-teks tulisan tangan, museum ini mencakup aula yang berisi semua karyanya, dalam edisi modern dan lama, serta ruang seminar, perpustakaan audiovisual dan perpustakaan yang menampung penelitian dan studi tentang karya-karya Mahfouz. Namun, medali Nobelnya tidak dipajang dan tetap bersama keluarganya.

Putri Mahfouz, Umm Kulthum, yang menghadiri pembukaan, mengatakan bahwa dia senang bahwa impian membangun museum telah terwujud “setelah bertahun-tahun menunggu.” (WST/RS/arabnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.