Home Berita Internasional Hagia Sophia Tetap Terbuka Bagi Pengunjung dari Berbagai Agama

Hagia Sophia Tetap Terbuka Bagi Pengunjung dari Berbagai Agama

48
0
SHARE
Hagia Sophia

Wasathiyyah.com, Ankara – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki, Hami Aksoy menyatakan, “Hagia Sophia akan terus merangkul semua orang dengan status barunya, melestarikan warisan budaya bersama umat manusia.”

Kemenlu Turki pada Selasa (14/07) menegaskan bahwa meski telah dipulihkan statusnya sebagai masjid, Hagia Sophia akan tetap menerima kunjungan dari umat berbagai macam agama.

Aksoy juga mengatakan bahwa pemulihan status Hagia Sophia sebagai urusan dalam negeri dan merupakan milik Turki, serta tidak ada yang dapat mengganggu hak kedaulatan Turki. Hal ini sebagai respon atas pertemuan Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa yang berkumpul pada Senin (13/07) di Brussel dalam menyikapi status Hagia Sophia.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa shalat berjamaah pertama akan dilakukan pada Jumat, 24 Juli 2020.

Pemulihan Hagia Sophia oleh pemerintah Turki ini mendapat kritik dari sejumlah pihak seperti pemerintah Yunani, Amerika Serikat, Dewan Gereja Dunia, pemimpin spiritual Kristen Ortodoks, hingga Paus Fransiskus.

Sementara UNESCO menyayangkan pengambilan keputusan oleh Turki tanpa melakukan dialog terlebih dahulu. Sehingga UNESCO akan meninjau kembali status Hagia Sophia. UNESCO berpandangan status Hagia Sophia saat ini menimbulkan pertanyaan tentang nilai universalitas dari sebuah situs penting bersejarah yang melintasi batas dan generasi. (WST/RS/antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.