Home Berita Internasional The Jerusalem Post Sebut Indonesia dan Israel akan Jalin Hubungan Diplomatik

The Jerusalem Post Sebut Indonesia dan Israel akan Jalin Hubungan Diplomatik

65
0
SHARE
(gambar:merdeka)

Wasathiyyah.com, Yerusalem – The Jerusalem Post menyebutkan bahwa negara Oman dan Indonesia adalah dua negara berikutnya yang akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Hal itu disebutkan oleh media tersebut pada Minggu (13/12) bahwa sumber diplomatik mengatakan Oman dan Indonsia adalah dua negara yang telah mengadakan pembicaraan lebih maju untuk kesepakatan normalisasi dengan Israel.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa kesepakatan normalisasi antara kedua negara dengan Israel dapat diumumkan oleh presiden AS Donald Trump sebelum ia meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2020.

Menteri Intelijen Israel, Eli Cohen, dalam wawancara dengan Radio Angkatan Darat juga menyebut negara Indonesia akan segera menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Namun, seperti dilansir CNN Indonesia, Kementerian Luar Negeri RI membantah rumor tersebut dan menegaskan konsistensi Indonesia untuk mendukung negara Palestina.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Robert O’Brien mengatakan bahwa saat ini ada beberapa kesepakatan normalisasi yang dalam tahap pembicaraan dan menunjukkan perkembangan yang baik.Hal ini dia katakan saat bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada hari Minggu (13/12) di Yerusalem.

“Sekarang adalah momentum yang bagus bagi negara mana saja yang mengusung perdamaian,” kata O’Brien.

“Akan ada banyak negara yang mengikuti karena bagaimanapun membangun perdamaian itu jauh lebih baik daripada cara yang ditawarkan teroris dan radikalis,” katanya.

Maroko baru saja mengumumkan kesekapatan normalisasinya dengan Israel pada Jumat (11/12). Oman mengapresiasi kesekapatan tersebut dan menyatakan bahwa negaranya akan terus berupaya menjaga suasana perdamaian di kawasan.

Benjamin Netanyahu berkunjung ke Oman pada 2018 dan bertemu dengan pemimpin Oman kala itu, Sultan Qaboos. Israel dan Oman memiliki hubungan dagang tak resmi pada rentang tahun 1994 hingga 2000. Keduanya juga bekerjasama dalam menentang agresi Iran.

Adapun dengan Indonesia, Israel tidak punya hubungan diplomatik resmi. Tetapi keduanya memiliki kerjasama dagang dan pariwisata.

Pada rentang 1970an hingga 1980an, Indonesia membeli senjata dari Israel dan tentara Indonesia mengikuti latihan militer di Israel. Perdana Menteri Yitzhak Rabin bertemu dengan presiden Indonesia Soeharto di Jakarta pada 1993. (WST/RS/TJP)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.