Home Berita Internasional Muhammad dan Aaliyah Masuk pada Jajaran Nama Bayi Paling Populer di Amerika

Muhammad dan Aaliyah Masuk pada Jajaran Nama Bayi Paling Populer di Amerika

251
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Washington – Seiring meningkatnya populasi muslim di Amerika Serikat, angka kelahiran bayi pun terus meningkat. Dan, bersamaan dengan itu terungkap bahwa nama Muhammad dan Aaliyah adalah termasuk nama paling banyak dipilih untuk bayi yang lahir di sana.

Untuk pertama kalinya, dua nama tradisional Arab dan Islam tersebut berada di peringkat 10 besar nama-nama bayi paling populer berdasar penelitian yang terus diperbarui setiap tahun oleh BabyCenter.com.

Meningkatnya popularitas nama Muhammad dan Aaliyah ini, termasuk beberapa ejaan alternatifnya, bukan tiba-tiba saja terjadi, melainkan memang ada peningkatan signifikan pada keduanya di setiap tahunnya. Pada tahun 2018 nama Muhammad berada di rangking ke-14 sebagai nama paling populer untuk bayi laki-laki yang baru lahir di Amerika. Adapun Aaliyah menduduki rangking ke-17 pada tahun yang sama untuk bayi perempuan.

Dan, pada tahun 2019 ini kedua nama itu masuk pada jajaran teratas 10 besar nama-nama bayi paling populer di Amerika.

“Muhammad telah naik dalam daftar nama bayi di BabyCenter.com di seluruh dunia, jadi kami tahu bahwa nama itupun akan segera masuk di 10 besar nama bayi di Amerika”, ujar Linda Murray, pemimpin redaksi global BabyCenter.com.

Dia menambahkan, “Keluarga muslim kerap memilih nama Muhammad untuk anak sulung laki-laki mereka sebagai bentuk penghormatan kepada nabi Muhammad sekaligus sebagai harapan agar anak tersebut mendapat berkah. Nama Muhammad juga memiliki beberapa bentuk ejaan dan itu semakin mendongkrak nama ini untuk masuk pada 10 besar nama paling populer.”

Murray mengatakan bahwa nama Muhammad sudah menjadi nama paling populer di seluruh dunia dan popularitasnya terus meningkat setiap tahun. Sementara keluarga non-muslim memiliki keleluasaan untuk memilih nama apa saja untuk bayi mereka. Adapun bagi keluarga muslim, sebagaimana hasil penelitian BabyCenter, tradisi masih cukup kuat dipegang termasuk dalam menamai bayi laki-laki mereka dengan nama nabi Muhammad.

Salah satu indikasi popularitas nama Muhammad yang terus meningkat di Amerika adalah makin banyaknya bayi laki-laki yang dinamai Muhammad serta bentuk ejaan lain yang bersumber dari nama tersebut, seperti ada yang menyingkatnya menjadi “Md”, “Mohd” atau “Muhd”, atau menggunakan bentuk nama lain yang tidak umum digunakan di Amerika seperti “Mike”.

BabyCenter terus merilis dan memperbarui 100 daftar nama paling populer di website mereka. Daftar nama ini didasarkan pada hasil penelitian terhadap nama-nama yang paling banyak dipilih oleh ratusan ribu orangtua yang terdaftar pada situs webnya.

Adapun pada peringkat pertama dari 100 nama paling populer itu, nama Sophia berada di rangking pertama bagi bayi perempuan. Nama ini memang paling populer di antara para orangtua apapun agamanya. Sedangkan rangking pertama untuk nama bayi laki-laki yang paling populer adalah Liam yang merupakan nama populer di Irlandia. (WST/RS/arabnews)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.