Home Berita Internasional Sebar Iklan Menyudutkan Muslim, Pengusaha Roti India Diciduk Polisi

Sebar Iklan Menyudutkan Muslim, Pengusaha Roti India Diciduk Polisi

258
0
SHARE
Pemilik Toko Roti India Ditahan karena Iklan Islamofobia. Iklan toko roti di India yang menyinggung Muslim. (Foto : Indian Express)

Wasathiyyah.com, Chennai – Kepolisian India menangkap Prasanth, 32, seorang pengusaha pemilik Jain Bakeries and Confectioneries di Chennai, ibu kota negara bagian Tamil, India, karena tuduhan diskriminasi terhadap umat beragama dan menyebarkan islamofobia.

Ia ditangkap karena perbuatannya menyebarkan iklan melalui pesan berantai Whatsapp yang berbunyi, Dibuat oleh Jain sesuai pesanan, tanpa ada karyawan muslim”.

Iklan ini menggambarkan muslim secara buruk. Namun dilansir Indian Express pada Senin (11/05), Prasanth berdalih bahwa pelanggannya tengah mengkritik isu kehadiran karyawan dari komunitas tertentu dalam proses penyiapan makanan. Oleh karenanya, ia membuat iklan itu untuk meyakinkan pelanggan bahwa produknya aman dari isu tersebut.

Namun, aparat kepolisian Chennai tetap tidak membenarkan tindakan itu dan mengenakan pasal berlapis dari KUHP India bagian 295A yaitu pasal “Tindakan jahat dan sengaja dimaksudkan untuk membuat marah perasaan agama dari kelas apa pun dengan menghina agamanya” serta pasal 504 “Siapa pun yang dengan sengaja menghina, dan dengan demikian memberikan provokasi kepada siapa pun, bermaksud atau mengetahuinya bahwa kemungkinan provokasi semacam itu akan menyebabkan dia merusak kedamaian publik”. (WST/RS/republika)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.