Home Berita Internasional Tok! Pengadilan Turki Sahkan Hagia Sophia Sebagai Masjid

Tok! Pengadilan Turki Sahkan Hagia Sophia Sebagai Masjid

69
0
SHARE
Hagia Sophia

Wasathiyyah.com, Ankara – Seperti sudah diperkirakan sebelumnya, pada Jumat (10/07) pengadilan Turki akhirnya memutuskan Hagia Sophia sebagai masjid. Dan, menyatakan bahwa keputusan pengadilan tahun 1934 yang memutuskan Hagia Sophia sebagai kesalahan.

“Disimpulkan bahwa akta penyelesaian mengalokasikannya sebagai masjid, dan penggunaannya di luar karakter ini tidak dimungkinkan secara hukum,” demikian bunyi keputusan dari Dewan Negara, pengadilan administratif Turki.

Atas keputusan pengadilan ini, Presiden Recep Tayyip Erdogan telah menandatangani dekrit pada Jumat (10/07).

“Bahwa keputusan kabinet pada tahun 1934 yang mengakhiri penggunaannya sebagai masjid dan mendefinisikannya sebagai museum adalah tidak mematuhi hukum,” lanjut bunyi keputusan itu.

Sebelumnya, Erdogan telah mengusulkan pemulihan status masjid Hagia Sophia, sebuah situs warisan dunia yang dinaungi UNESCO, pusat kekaisaran Bizantium yang kemudian menjadi pusat kekaisaran Ottoman dan sekarang menjadi situs sejarah yang paling banyak dikunjungi di Turki.

Wacana pemulihan Hagia Sophia sebagai masjid sebelumnya sudah mendapatkan keprihatinan dari AS, Yunani dan para pemimpin gereja.

Namun, Turki bersikukuh bahwa Hagia Sophia adalah urusan dalam negerinya sebagaimana dikehendaki oleh masyarakat Turki untuk menegaskan Turki sebagai negara muslim.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan, “(Pemulihan Hagia Sophia) bukan urusan internasional, tapi masalah kedaulatan nasional.” (WST/RS/arabnews)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.