Home Berita Internasional Hagia Sophia Dideklarasikan Sebagai Masjid, UNESCO Merespon

Hagia Sophia Dideklarasikan Sebagai Masjid, UNESCO Merespon

47
0
SHARE
(Gambar : archeology wiki)

Wasathiyyah.com, Paris – UNESCO mengatakan pada Jumat (10/07) bahwa Komite Warisan Dunia akan meninjau kembali status Hagia Sophia setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendeklarasikan bangunan bersejarah dari abad ke-6 itu sebagai masjid.

Erdogan menyampaikan pengumuman tak lama setelah pengadilan tinggi Turki memutuskan bahwa konversi Hagia Sophia menjadi museum pada 1934 oleh Mustafa Kemal Attaturk, pendiri republik Turki sekuler modern, adalah ilegal.

UNESCO mengatakan bahwa keputusan itu memunculkan pertanyaan tentang dampak pada nilai universal Hagia Sophia sebagai situs penting yang melampaui batas dan generasi yang perlu dimasukkan dalam daftar situs warisan dunia yang didambakan kelestariannya.

Negara-negara harus memberi tahu badan budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa setiap kali ada perubahan dalam status suatu situs yang memicu peninjauan kembali oleh komite warisan dunia jika diperlukan. Demikian pernyataan UNESCO.

“Sangat disesalkan bahwa keputusan Turki ini bukan subjek dialog, atau tanpa pemberitahuan sebelumnya,” kata pejabat UNESCO.

“UNESCO menyerukan kepada pihak berwenang Turki untuk membuka dialog tanpa penundaan untuk menghindari langkah mundur dari nilai universal warisan sejarah yang luas biasa ini, yang pelestariannya akan ditinjau oleh Komite Warisan Dunia dalam sesi berikutnya,” lanjut pernyataan pejabat UNESCO. (WST/RS/Reuters)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.