Home Berita Internasional Bidik Pasar Afrika, Indonesia akan Ramaikan Pameran Food Africa 2019

Bidik Pasar Afrika, Indonesia akan Ramaikan Pameran Food Africa 2019

196
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Kairo – Dalam upaya merambah pasar Afrika, Dubes RI untuk Mesir, Helmy Fauzy menyambut baik dan memfasilitasi kedatangan delegasi Kementerian Perdagangan dan 12 orang pengusaha Indonesia di bidang industri makanan dan minuman untuk berpartisipasi dalam 5th Food  Africa pada tanggal 9-11 Desember 2019.

12 orang pengusaha tersebut juga akan mengadakan business forum pada tanggal 9 Desember 2019 di Mesir dan tanggal 12 Desember 2019 di Alexandria untuk bertemu langsung dengan pelaku bisnis Mesir.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy: “Mesir merupakan salah satu negara strategis untuk dijadikan sebagai hub untuk merambah masuk pasar Afrika dan Eropa”.

Mesir dipandang merupakan pintu gerbang produk-produk Indonesia untuk dapat masuk ke pasar Mesir dan Afrika. Afrika  adalah pasar potensial untuk produk Indonesia.

“Benua ini memiliki populasi 1,2 miliar orang dengan GDP lebih dari 2 triliun. Potensi pasar Afrika saat ini mencapai USD 550 miliar namun nilai ekspor Indonesia ke Afrika baru mencapai USD 4,2 miliar. Jumlah ini masih terbilang kecil jika kita bandingkan dengan potensi yang ada di lapangan, jika kita tidak memulai dari sekarang dan membuka peluang, maka nantinya kita hanya akan menjadi penonton dari luar” ujarnya.

Perusahaan dan UKM yang berpartipasi dalam Food Africa kali ke-5 beberapa merupakan pemain lama yang telah memiliki pengalaman bermain di pasar Afrika khususnya Mesir. Salah satu perusahaan tersebut adalah PT Mayora Indah Tbk dan sebagian besar perusahaan eksportir minyak sawit dan rempah-rempah. Sedangkan PT. Rodamas Inti Internasional dengan brand produk Sasa mencoba masuk pasar Mesir dengan tujuan utama memasarkan produk santan kemasan dan minuman instans.

Food Afrika merupakan pameran tahunan dibidang industri makanan dan minuman di Mesir yang menyasar pasar Afrika, Timur tengah, Eropa dan negara lainnya. Berdasarkan data pembeli pada tahun 2018, 41% pembeli berasal dari negara-negara Timur Tengah, 34% dari negara-negara Afrika, 15% dari negara Eropa dan 10% dari negara lainnya.

Beberapa negara yang berpartisipasi dalam pameran dimaksud antara lain: China, India, Rusia, Turki, Brazilia, Belanda, Kanada, Spanyol, KSA, PEA dan Jordan.​ (WST/RS/kemlugoid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.