Home Berita Internasional Italia Longgarkan Pembatasan Gereja Katholik, Umat Islam Tunggu Giliran

Italia Longgarkan Pembatasan Gereja Katholik, Umat Islam Tunggu Giliran

262
0
SHARE
Masjid Agung Roma. Masjid terbesar di Eropa. (Foto:balemasjid)

Wasathiyyah.com, Roma – Pemerintah Italia akan mengizinkan gereja Katholik untuk melaksanakan Misa mulai 18 Mei nanti pasca pembatasan sementara akibat pandemi Covid 19 yang mulai dilonggarkan sejak Senin lalu.

Pelonggaran ini merupakan bagian dari kesepakatan pemerintah Italia dalam hal ini Perdana Menteri Giuseppe Conte, Menteri Dalam Negeri Luciana Lamorgese, dengan presiden Konferensi Waligereja Italia (CEI) Kardinal Gualtiero Bassetti.

Pasca pelonggaran gereja ini, pemerintah diharapkan untuk mengizinkan juga pemeluk agama lain, termasuk Muslim dan Yahudi, untuk bisa berkumpul menunaikan ritual keagamaan masing-masing. Semua pelaksanaan ritual keagamaan ditutup sementara karena pembatasan nasional.

Meski pelonggaran sudah diberikan kepada gereja, namun pelaksanaannya tetap diharuskan mengikuti protokol kesehatan seperti jaga jarak 1 meter antar orang, pemeriksaan kesehatan di pintu masuk, pemakain sarung tangan dan masker. Ini berlaku juga bagi pastor.

Persatuan Komunitas Islam di Italia (Ucooi) menyambut baik pelonggaran pembatasan terhadap gereja Katholik dan mengharapkan kebijakan yang sama juga bagi masjid-masjid di Italia.

“Sekarang kami menunggu dari pemerintah tentang tanggal pembukaan kembali masjid,” ungkap komunitas. Mengingat saat ini bulan Ramadhan, banyak pelaksanaan ibadah yang khusus untuk dilaksanakan pada bulan ini.

Komunitas juga menekankan pembukaan kembali masjid terutama berkaitan dengan hari raya Idul Fitri yang tak akan lama lagi.

“Kami berharap bisa berkoordinasi lebih intens dengan pihak berwenang setempat sehingga bagian luar masjid bisa digunakan oleh masyarakat dengan tata cara yang paling aman,” ungkap juru bicara komunitas Islam Italia.

Ucooi menghimbau semua warga Muslim di Italia untuk mematuhi aturan-aturan pemerintah khususnya protokol kesehatan terkait Covid 19. Serta menghimbau untuk terus melakukan jarak sosial selama masih dalam status pembatasan sementara. (WST/RS/arabnews)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.