Home Berita Internasional Amnesty Serukan Israel Beri Pasokan Vaksin Corona ke Palestina

Amnesty Serukan Israel Beri Pasokan Vaksin Corona ke Palestina

30
0
SHARE

Wasathiyyah.com, London – Amnesty International menyerukan kepada Israel untuk memberikan pasokan vaksin virus Corona (COVID-19) kepada warga Palestina yang ada di Tepi Barat dan Gaza. Amnesty menegaskan Israel wajib melakukan hal itu di bawah hukum internasional.

Seperti dilansir AFP, Rabu (6/1/2021), Otoritas Palestina di Tepi Barat, yang menjadi rumah bagi sekitar 2,8 juta warga Palestina, belum secara terbuka meminta bantuan Israel untuk pengadaan vaksin Corona.

Sedangkan Hamas yang menguasai Jalur Gaza, yang ditinggali 2 juta warga Palestina lainnya, sangat tidak mungkin untuk berkoordinasi secara terbuka dengan Israel dalam upaya vaksinasi Corona.

Namun organisasi HAM internasional, Amnesty International, yang berbasis di Inggris menyatakan bahwa Israel perlu berhenti mengabaikan kewajibannya.

“Berhenti mengabaikan kewajiban internasionalnya sebagai kekuatan pendudukan dan dengan segera bertindak untuk memastikan vaksin COVID-19 diberikan secara adil dan setara kepada warga Palestina yang tinggal di bawah pendudukannya di Tepi Barat dan Jalur Gaza,” demikian pernyataan Amnesty.

Otoritas Palestina menuturkan bahwa warganya di Tepi Barat dan Gaza akan divaksinasi Corona melalui program COVAX yang didukung Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Kementerian Kesehatan Palestina mengharapkan akan menerima pasokan dosis pertama vaksin Corona melalui COVAX pada bulan depan.

Sementara Israel diketahui telah mulai memvaksinasi warganya, termasuk para pemukim Israel di Tepi Barat, sejak 9 Desember lalu. Program vaksinasi Corona di Israel dimulai dengan para tenaga medis dan warga berusia 60 tahun ke atas, dan sejauh ini sudah lebih dari 1 juta orang menerima suntikan dosis pertama vaksin Corona.

Akhir pekan lalu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengharapkan agar dalam sebulan, sedikitnya 2,25 juta orang — seperempat dari total populasi Israel 9 juta jiwa — telah menerima suntikan dua dosis vaksin Corona buatan Pfizer-BioNTech yang dibutuhkan agar dampaknya optimal.

Pada Selasa (5/1) waktu setempat, Kementerian Kesehatan Israel mengonfirmasi 451 ribu kasus Corona di wilayahnya, dengan lebih dari 3.400 kematian.

Secara terpisah, Kementerian Kesehatan Palestina mengonfirmasi lebih dari 100 ribu kasus Corona di Tepi Barat, dengan 1.100 kematian. Sedangkan di Gaza, tercatat ada 43.134 kasus Corona dengan 404 kematian.

Israel menduduki Tepi Barat dan Jalur Gaza dalam perang tahun 1967 silam. Israel telah menarik diri dari Gaza namun masih menerapkan blokade ketat, yang ditegaskan perlu untuk menangkal Hamas. (WST/YN/detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.