Home Berita Internasional Donatur Pertama Pembangunan Masjid Ayodhya Ternyata Seorang Hindu

Donatur Pertama Pembangunan Masjid Ayodhya Ternyata Seorang Hindu

168
0
SHARE
Desa Dhannipur, Ayodhya, India. (Gambar : indiatoday)

Wasathiyyah.com, New Delhi – Sebuah kabar baik datang dari India. Proyek pembangunan Masjid Dhannipur yang berlokasi tak jauh dari reruntuhan Masjid Babur di Ayodhya, Lucknow, India akan mulai berjalan. Dan yang mengejutkan, donasi pertama untuk pembangunan masjid tersebut datang dari seorang pemeluk Hindu.

Rohit Shrivastava mendapatkan pujian dari publik di India karena sikapnya itu menjadi angin segar di tengah riwayat panjang konflik sektarian antara warga Islam dan Hindu di wilayah itu.

Sekretaris Indo-Islamic Cultural Foundation (IICF), Athar Hussain mengatakan bahwa inisiatif Rohit itu sangat membahagiakan dan menjadi pendorong semangat perdamaian bagi semua orang di India.

“Kemarin adalah hari yang membahagiakan karena sumbangan dana tersebut berasal dari seorang warga lokal Lucknow, Rohit Shrivastava. Inilah contoh sempurna dari istilah “Ganga Jamuni Tehzeeb”, kata Hussain kepada Ani News Minggu (4/10).

Hussain juga mengungkapkan selain pembangunan masjid, pembangunan fasilitas lainnya seperti rumah sakit, dapur umum dan pusat pendidikan juga akan dilakukan.

IICF merencanakan akan membangun semacam peta sejarah di sepanjang jalur lokasi pembangunan ini yang akan memberikan informasi tentang sejarah panjang indo-Islam di India dan mengangkat koeksistensi damai muslim dengan warga pemeluk agama dan kepercayaan lain di masa lalu.

Hussain mengatakan desain bangunan untuk komplek masjid ini sudah hampir rampung dan akan selesai dalam waktu sesegera mungkin. Pihaknya akan segera menghubungi otoritas lokal untuk persetujuan desainnya.

“Kami akan mengirimkan gambarnya di Ayodhya Zila Panchayat, dan kami berharap mendapatkan persetujuan dengan cepat. Pembangunan masjid kemungkinan akan dimulai dalam waktu dua bulan, akhir tahun ini,” kata Hussain.

IICF juga sudah membuka dua rekening resmi di bank berbeda untuk menampung donasi dari berbagai pihak. Rekening ini akan disosialisasikan melalui laman web resmi IICF.

IICF sendiri dibentuk oleh Dewan Wakaf Sunni Uttar Pradesh untuk mengawasi pembangunan masjid dan fasilitas lainnya di lahan seluas lima hektar di Ayodhya, India.

Masjid Dhannipur berlokasi di desa Dhannipur, Ayodhya, sekitar 18 kilometer dari pusat distrik, dan sekitar 30 meter dari lokasi reruntuhan Masjid Babur yang kini sudah dibangun kuil Hindu di atasnya.

Mahkamah Agung India pada November 2019 memutuskan untuk memberi lima hektar lahan di desa ini kepada komunitas muslim sebagai kompensasi atas lokasi Masjid Babur yang telah diizinkan untuk dibangun kuil Ram di atasnya. (WST/RS/republika)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 + six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.