Home Berita Internasional Alhamdulillah! Indonesia Kembali Kebanjiran Lulusan Al Azhar

Alhamdulillah! Indonesia Kembali Kebanjiran Lulusan Al Azhar

177
0
SHARE
Suasana wisuda mahasiswa/i Indonesia Universitas Al Azhar Mesir, Kamis 03 Oktober 2019 di gedung Azhar Conference Center (ACC), Kairo.

Wasathiyyah.com, Cairo – Kamis 3 Oktober 2019 menjadi hari yang sangat membahagiakan bagi 205 mahasiswa Indonesia di Al-Azhar, sebab hari itu mereka dinobatkan berhasil meraih gelar sarja dari Universitas Al-Azhar, Licence (Lc), Magister dan Doktor setelah melalui waktu bertahun-tahun untuk menimba ilmu. Tentu bukan hanya gelar akademik yang mereka banggakan, tetapi juga nilai, ilmu dan akhlak tinggi yang telah meraka warisi dari para ulama dan orang-orang terbaik di Al-Azhar.

Acara tersebut dihelat  oleh KBRI Cairo bersama PPMI Mesir, bekerja  sama dengan Univeritas Al-Azhar,  bertempat di Azhar Conference Center (ACC) Cairo. Universitas Al-Azhar tidak mengadakan acara wisuda untuk lulusannya, maka untuk mengikuti tradisi di Indonesia KBRI Cairo dan PPMI Mesir menyelenggarakan acara wisuda setiap tahun yang husus untuk mahasiswa Indonesia yang sudah diadakan secara sederhana sejak tahun 1997, dengan mengundang para Pimpinan di Al-Azhar.

Acara Wisuda tahun ini sangat meriah, dihadiri Wakil Rektor Universitas Al-Azhar Urusan Pascasarjana (Prof. Dr. Thareq Salman), Wakil Rektor Universitas Al-Azhar Urusan Mahasiswi (Prof. Dr. Asyraf Atheyah el-Badwihy), Dekan Fakultas Dakwah Islamiyah, Dekan Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab Putra, Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin, Wakil Dekan Dirasat Islamiyah Putri dan Dekan Sekolah Pascasarjana.

Kehadirian Grand Syaikh Al-Azhar diwakili oleh Prof. Dr. Nadzir Iyadh (Sekjen Lembaga Riset Islam Al-Azhar) dan Ambasador Abdurrahman Musa (Penasehat Grand Syaikh urusan mahasiswa Internasional). Hadir pula beberapa syaikh di Al-Azhar serta dermawan Mesir yang selama ini banyak membantu perekonomian mahasiswa Indonesia, Muhammad Ragab. Hadir pula Duta Besar RI Cairo, Helmy Fauzy, serta para diplomat KBRI Cairo.

Sidang terbuka wisuda sarjana 2019 tersebut dibuka secara resmi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo, Dr. usman Syihab. Pada pembuka sidang tersebut, Atdikbud melaporkan, bahwa para peserta wisuda saat ini terdiri dari 319 wisudawan (S1, S2 dan S3), dimana 205 berasal dari Indonesia dan 114 orang lainnya adalah mahasiswa dari negara-negara sahabat yang juga menunut ilmu di Al-Azhar seperti: Malasysia, Singapura, Pilipina, USA, Nigeria Pakistan dan Kamboja. Dari jumlah tersebut, terdapat 1 wisudawan asal Indonesia yang meraih gelar Doktor, 5 meraih gelar Master dan 315 lainnya gelar S1.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI Cairo menyampaikan syukur dan rasa bahagia atas diwisudanya mahasiswa asal Indonesia tersebut. Segeralah pulang ke tanah air. Bawalah ilmu bermanfaat yang telah kalian tekuni di Al-Azhar. Bimbinglah bangsa Indonesia kepada jalan yang lebih baik, guna meraih persatuan, kesejahteraan dan kemajuan ucap Helmy Fauzy diikuti suasana khidmat ruang sidang mewah milik Al-Azhar tersebut.

Mewakili Grand Syaikh Al-Azhar, Sekjen Lembaga Riset Islam Al-Azhar menyampaikan pesan-pesannya yang sangat tajam, dimana mereka diharapkan menjadi teladan bagi masyarakat di negaranya masing-masing serta menjadi bagian dari solusi dari persoalan yang dihadapi masyarakatnya dan bukan menambah persoalan. Saya tidak akan pernah bosan mengingatkan kalian semua agar menghindari sikap fanatik golongan, sebab ia bukan sikap seseorang yang telah meraih gelar sarjana dari Al-Azhar. Bersikaplah terbuka dan menjadi perekat umat kata Professor di Fakultas Ushuluddin yang baru saja dilanjtik menjadi Sekjen Majma Buhus ini.

Adapun wejangan Rektor Al-Azhar disampaikan Wakil Rektor urusan Mahasiswi, dimana ia menegaskan perlunya para sarjana baru ini berbaur dengan masyarakatnya dan menjadi para duta Al-Azhar dalam mengajarkan Islam sebagai agama kasih sayang.

Acara tersebut dilangsungkan dari pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 15.00 serta disaksiakan keluarga sebagian wisudawan dan mahasiswa Indonesia di Mesir.

“Saya sangat bersyukur dan bahagia karena akhirnya saya diberi kekuatan oleh Allah Swt untuk menuntaskan studi di Al-Azhar. Saya sangat berterima kasih kepada Al-Azhar atas segala fasilitas yang telah diberikan kepada saya dan mahasiswa lainnya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada KBRI Cairo dan PPMI Mesir yang selama ini telah membantu menyelesaikan kendala yang kami hadapi serta memfasilitasi terlaksananya acara wisuda yang sangat mengesankan ini” ucap Abdul Rauf, wisudawan asal Ternate, Maluku ini. (WST/RS/kemlugoid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.