Home Berita Internasional KTT Wasathiyyah Islam, GSA: Ini adalah Konsep Dasar Islam

KTT Wasathiyyah Islam, GSA: Ini adalah Konsep Dasar Islam

345
0
SHARE
syekh azhar

Wasathiyyah.com, BOGOR — Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) menggelar acara Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia tentang Islam Wasatiyah di Istana Bogor, Selasa (1/5).

Grand Syeikh Al-Azhar (GSA), Ahmad Muhammad Ahmad Al-Thayed, menjadi pembicara kunci & pembicara tunggal dalam
acara yang dihadiri 100 peserta yang terdiri dari ulama dan cendekiawan Islam dari dalam negeri dan luar negeri itu.

Dalam sambutan Opening Ceremonial, GSA menegaskan bahwa umat Islam adalah umat yang adil. Sehingga umat Islam dalam kehidupan harus adil terhadap sesama.

“Wasath adalah adil, sehingga umat Islam sebagai umat wasath adalah umat yang adil. Sudah banyak literatur mengenai wasath dengan keadilan,” kata tokoh menduduki peringkat pertama 500 muslim paling berpengaruh di dunia versi Pusat Studi Strategi Islam di Amman, Yordania.

Kemudian Grand Syekh menjelaskan bahwa wasathiyyah merupakan ciri khas atau konsep dasar Islam. Dengan Wasatiyah Islam, umat Islam tidak boleh terlalu ekstrem dalam melakukan sesuatu, tapi harus berada di jalan tengah. Walaupun, kata dia, saat ini ada interpretasi baru dari beberapa kelompok Islam mengenai wasathiyyah.

“Tidak berlebihan, kalau saya katakan, bahwa perbedaan dan konflik kelompok Islam mengenai konsep dasar telah menyebabkan lemahnya umat Islam juga perpecahan konflik darah antara sesama Muslim.” kata ulama moderat panutan kaum muslimin saat ini. (UYM/WST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.