Home Berita Internasional Macron Peringatkan Warganya Tak Mencap Buruk Muslim dan Pemakai Hijab

Macron Peringatkan Warganya Tak Mencap Buruk Muslim dan Pemakai Hijab

194
0
SHARE
Emmanuel Macron

Wasathiyyah.com, Paris — Presiden Prancis Emmanuel Macron memperingatkan warganya agar tidak memberi cap buruk kepada Muslim atau menghubung-hubungkan Islam dengan terorisme.

Pernyataan ini dibuat sesudah seorang perempuan Prancis menggugat seorang politisi sayap kanan yang mengkritiknya karena memakai hijab di tempat umum.

“Kita harus berdiri bersama dengan sesama warga negara,” kata Macron beberapa waktu lalu.

Ada lima juta penduduk Muslim di Prancis dan ini merupakan jumlah minoritas Muslim terbesar di Eropa Barat. Pemakaian hijab dilarang di sekolah, kantor pemerintah, dan gedung-gedung publik di Prancis.

Secara resmi Prancis merupakan negara sekuler dan pemakaian pakaian penutup tubuh telah menjadi sumber kontroversi dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa waktu lalu, seorang perempuan Muslim yang memakai hijab menemani anaknya yang sedang studi tur ke parlemen lokal di Bourgogne-Franche-Comté di Prancis timur.

Ia menerima cercaan secara verbal dari ruang sidang anggota parlemen.

Peristiwa itu juga memicu demonstrasi di jalan dan menghidupkan lagi perdebatan nasional mengenai pemakaian hijab di Prancis.

Sekarang ini di Prancis tidak ada larangan seorang ibu memakai hijab saat melakukan studi tur sekolah.

Presiden Macron merasa perlu menanggapi dengan menyerukan pemahaman lebih baik mengenai agama Islam di Prancis. Ia juga mengecam apa yang disebutnya sebagai ‘jalan pintas’ yang mengaitkan Islam dengan terorisme.

“Para komentator politik punya kewajiban,” katanya seraya menambahkan, “komunialisme bukan terorisme”.

Pada 2011, Prancis menjadi negara Eropa pertama yang melarang cadar yang menutupi seluruh wajah di ruang-ruang publik.

Sementara alternatifnya seperti hijab, yang menutup kepala namun tetap memperlihatkan wajah pemakai masih diperbolehkan. (WST/YN/bbcindonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − 14 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.