Home Berita Daerah Kuliah Umum Nazhm Al Quran di Palembang

Kuliah Umum Nazhm Al Quran di Palembang

85
0
SHARE
Dr. Sutrisno Hadi MA (tengah) bersama civitas akademika STIQ Al Lathifiyah Palembang.

Wasathiyyah.com, Palembang – Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran (STIQ) Al Lathifiyah Palembang baru saja melaksanakan kuliah umum berkenaan dengan Ilmu Quran Tafsir dengan tema “Diskursus Nazhm Al Quran dan Urgensinya dalam penafsiran ayat secara komprehensif” di Lorong Zuriah, Talang Aman, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Acara ini dibuka pada hari Kamis 17 Oktober 2019 pukul 10:00 WIB oleh ibu Siti Alfiyatun M. Pdi selaku ketua I STIQ Al Lathifiyah Palembang. Pembukaan berlangsung dengan khidmat dan menekankan pentingnya mendalami dan mengamalkan Al Quran.

Kuliah umum tersebut diisi oleh Dr. Sutrisno Hadi MA, Dosen dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah yang juga jebolan S3 Ilmu Quran Tafsir Universitas Al Azhar Kairo Mesir. Diskusi yang dimoderatori oleh saudara Jondi seorang mahasiswa santri semester akhir itu mengulas banyak tentang Nazhm dalam Al Quran. Sutrisno menerangkan bahwa pembeda Al Quran dengan tulisan arab yang lain adalah mukjizat pada Nazhm nya. Nazm adalah aspek sesungguhnya dari kemukjizatan Al Quran. Hal utama yang tidak bisa dihadapi oleh bangsa Arab pada saat Al Quran diturunkan adalah Nazhm yang mu’jiz itu.

Pengetahuan tentang nazhm sangat penting, ujar Sutrisno, karena akan membawa pemahaman yang mendalam dalam menafsirkan Al Quran. Diantara alasannya adalah :

1. Nazhm berguna mengindentifikasi israiliyat dalam penafsiran Al Quran dan kesalahan penafsiran tabi’in.

2. Mengatasi pertentangan makna yang secara zahir terlihat di antara ayat.

3. Mewujudkan penisbahan yang tepat dari suatu ucapan kepada pengucapannya.

4. Mendudukkan maksud dari masing-masing ayat yang berulang atau beredaksi mirip.

5. Untuk mengetahui maksud dari suatu makna.

6. Menguatkan salah satu makna penafsiran dari yang lainnya.

Kuliah umum ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika STIQ beserta tamu dari berbagai instasi pendidikan dan diakhiri dengan sesi berfoto bersama para dosen dan mahasiswa santri STIQ Al Lathifiyah. (WST/RS/andy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.