Home Berita Daerah 8104 Keluarga Besar Persis Garut Meriahkan Musda VIII dengan Jalan Sehat

8104 Keluarga Besar Persis Garut Meriahkan Musda VIII dengan Jalan Sehat

557
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Garut – Dalam rangka memeriahkan Musyawarah Daerah VIII Persis Garut, 8104 keluarga besar Persatuan Islam se-Garut –mulai dari Pimpinan Cabang (PC) Persis-Persistri, PC Pemuda-Pemudi, HIMA-HIMI, sampai pondok pesantren Persatuan Islam di Garut– mengikuti Jalan Sehat, hari ini (Kamis, 13/2) start di SOR Merdeka Kherkof dan finis di Kampus STAIPI Garut.

Salah satu peserta Jalan Sehat itu, Pesantren Persis Tarogong. Pesantren yang berada di jalan Terusan Pembangunan itu, menurunkan santri, asatidz, asatidzah dan karyawannya sebanyak 2000 orang.

 

Menurut penuturan mudir Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Abdul Latif, MA bahwa Jalan Sehat cukup meriah. Acara ini, bukan hanya sekedar melangkahkan kaki dari pesantren ke STAIPI, lalu melewati Jalan Merdeka, Bundaran Leuwidaun, Jalan Cimanuk, Bundaran Simpang Lima, masuk jalan terusan pembangunan dan kembali ke pesantren saja, melainkan ini proses membangun perasaan bagian dari Persis sehingga muncul rasa memiliki dan akhirnya siap berkiprah di Persatuan Islam.

“Bagi saya, Jalan Santai bukan cuma jalan kaki, melainkan ini proses mengukir perasaan dalam hati bahwa saya bagian dari Persis dan siap berjuang di jam’iyyah Persis,” ujar alumnus Pesantren Persatuan Islam Angkatan 2006 itu.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Daerah Persis Garut H. Ena Sumpena, M.Pd.I mengatakan bahwa salah satu tujuan kegiatan Jalan Sehat adalah untuk mengokohkan ukhuwah Islamiyah seluruh keluarga besar Persis Garut.

 

“Jalan Sehat yang dilaksanakan ini sebagai bagian dari acara penyerta Musyawarah Daerah VIII PD Persis Garut. Jalan Sehat ini sebagai upaya untuk memperkokoh ukhuwah Islamiyah, mempersatukan seluruh keluarga besar Persis Garut dari unsur otonom, cabang, Pesantren. Harapan diselenggarakannya kegiatan ini untuk membangkitkan semangat hidup berjam’iyyah dalam membela Islam.” Tegas H. Ena Sumpena.

Acara Jalan Sehat itu semakin bermakna, terutama bagi santri, sebab lokasi finis ditampilkan kreativitas santri Pesantren Persis se-Garut, mulai dari Soutul Ittihad, Murottal Pesantren Persis Pasirkiamis, Angklung Pesantren Persis Bentar, Nadom Al Fiyah Darusyifa Karangtengah, Silat Pesantren Persis Selaawi, Shurulkan Lanah Garut, Silat Pesantren Pangatikan, Puisi Bahasa Indonesia Pesantren Leles, Story Telling Pesantren Tarogong, Pidato Bahasa Inggris Pesantren Ancol, Pidato Bahasa Arab Pesantren Kudang, Karate Pesantren Simpang Cikajang, Paduan suara mahasiswa mahasiswi STAIPI, Pidato bahasa Inggris Pesantren Sukaresmi, Pidato bahasa Arab Pesantren Garogol Pasirwangi, Aikido Pesantren Cikarag Cibatu, Angklung Pesantren Pameungpeuk, Silat Pesantren Pakenjeng, Tahfidz Pesantren Cioyod Bayongbong, hingga acara ditutup dengan Nasyid Shoutul Ittihad kembali. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 − two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.