Home Berita Daerah World Sufi Forum, Muchlis Hanafi Pimpin Sidang Komisi A Bahas Radikalisme

World Sufi Forum, Muchlis Hanafi Pimpin Sidang Komisi A Bahas Radikalisme

342
0
SHARE
Muchlis Hanafi (kedua, kanan) saat memimpin sidang Komisi A dalam World Sufi Forum di Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (8/4/2019) malam

Wasathiyyah.com, Pekalongan — Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kementerian Agama, Muchlis Hanafi memimpin sidang Komisi A bertemakan ‘Peran Tasawuf dalam Penanggulangan Radikalisme’, Senin (8/4/2019) malam.

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan Forum Sufi Internasional Indonesia (Indonesia World Sufi Forum) di Pekalongan, Jawa Tengah.

Muchlis Hanafi selaku moderator membuka Komisi A dengan sebuah pertanyaan.

“Apakah mungkin tasawuf bisa menjadi solusi bagi penyebaran radikalisme dan terorisme?,” ucap Sekjen Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Mesir cabang Indonesia itu di Aula Hotel Santika, Pekalongan dikutip dari laman jatman.or.id.

Ia menyebutkan, ada tiga pembicara yang membahas tema yang menjadi tantangan umat Islam saat ini, yakni mufti Damaskus Syaikh Dr. Muhammad Adnan Al-Afyouni, Syaikh Dr. Riyadh Baso (Lebanon), dan Syaikh Dr. Muhammad Abdul Ghoffar As-Syarif (Kuwait).

Syaikh Adnan Al Afyouni yang menjadi pembicara pertama memaparkan bagaimana ciri paham radikalisme dan penanggulangannya.

Ia menyebut bahwa tantangan dan kejadian teror yang terjadi di berbagai belahan dunia hari ini disebabkan pemikiran radikalisme, yang selanjutnya melahirkan aksi terorisme.

“Untuk menghadapi pemikiran harus juga melalui pemikiran,” tegas ulama asal Suriah tersebut.

Al Afyouni menambahkan, umat Islam Indonesia khususnya penting mengetahui ciri-ciri pemikiran radikalisme yang sudah banyak melahirkan banyak kematian, kekacauan dan kerusakan hari ini.

Agenda World Sufi Forum malam ini dibagi dalam 4 Sidang Komisi. Komisi A yang bertempat di Hotel Santika, Komisi B di Hotel Horizon, sedangkan Komisi C dan D dipusatkan di komplek Pendopo Kajen Kantor Bupati Pekalongan. Konferensi saat ini masih berlangsung. (WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 + seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.