Home Berita Daerah Sebut UAS Seperti Dajjal, JB Jadi Tersangka

Sebut UAS Seperti Dajjal, JB Jadi Tersangka

414
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Pekan Baru — Penghina ulama kondang asal Riau Ustaz Abdul Somad (UAS), JB alias Jony Boyok, akhirnya ditetapkan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau sebagai tersangka.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto menjelaskan JB ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik melakukan gelar perkara kasus tersebut hari ini.

“Gelar perkara sudah selesai. Terlapor ditetapkan sebagai tersangka,” kata Sunarto seperti dilaporkan Antara, Senin (8/10).

Meski pun sebagai tersangka, penyidik Ditreskrimsus Polda Riau memastikan tidak akan menahan pria berusia 47 tersebut. Sebab tersangka yang dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi di bawah 5 tahu, tidak perlu dilakukan penahanan.

“Ancaman hukumannya di bawah lima tahun sehingga tidak dilakukan penahanan,” ujarnya.

Secara terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Pol Arif Gidion Setiawan menegaskan bahwa tersangka JB dijerat dengan Pasal Penghinaan dan Pencemaran nama baik.

“Pencemaran nama baik dan penghinaan,” ungkapnya singkat.

Awal bulan lalu (5/09/2018) Bumi Lancang Kuning geger, sebab di fesbuk ada yang menulis status bahwa UAS seperti Dajjal, sosok jahat yang tidak pantas jadi panutan. Kontan saja, status itu mengundang reaksi masyarakat. Front Pembela Islam (FPI) Pekanbaru yang berhasil melacak pemilik akun tersebut, ternyata seorang pengusaha di Kota Pekanbaru. FPI akhirnya menjemput pria tersebut di rumahnya.

FPI selanjutnya menyerahkan JB langsung ke Ditreskrimsus Polda Riau. Selain FPI, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) juga turut angkat suara dan menyatakan perbuatan JB sangat menyakiti perasaan umat muslim.

Bahkan, LAMR meminta agar JB segera angkat kaki dari Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau atas perbuatannya tersebut. Sementara itu, JB dalam pembelaannya mengaku menyesali perbuatannya dan meminta maaf atas unggahannya itu setelah kasusnya ditangani kepolisian. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.