Home Berita Daerah Masyarakat Batam Deklarasikan 2019 Tetap Bersaudara

Masyarakat Batam Deklarasikan 2019 Tetap Bersaudara

240
0
SHARE

Batam – Masyarakat Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau mendeklarasikan “2019 Kita Tetap Bersaudara” sebagai gerakan moral untuk saling mendukung serta menjaga persatuan dan kesatuan dalam Pemilu dan Pemilihan Presiden 2019.

Deklarasi “2019 Kita Tetap Bersaudara” dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Sepeda Nusantara 2018, bersama dengan deklarasi ‘Masyarakat Kepri Antihoax’ di Dataran Engku Putri Batam, Minggu (7/10/2018).

“Mari kita lawan hoax. Mari kita lawan ujaran kebencian,” kata Irjen Pol Andhap Budi Revianto.

Gerakan dengan tagar #2019KITATETAPBERSAUDARA itu diharapkan dapat mengeratkan kehidupan berbangsa, agar masyarakat tidak mudah terhasut isu yang memecah belah persatuan bangsa.

Dalam beberapa waktu terakhir, media massa dan media sosial dipadati berita dan opini yang saling berdebat dengan lantang dan dikhawatirkan dapat memecah belah persaudaraan. Karenanya, warga harus membangun fondasi kultural yang kuat, bersatu dan berdiri gagah menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks, ekstrem dan berubah cepat.

Isi deklasi “2019 Kita Tetap Bersaudara” antara lain menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, menghormati dan menghargai perbedaan suku, agama, ras serta golongan yang sesuai perintahnya.

Kemudian membela kebenaran, keadilan dan perdamaian, gotong royong berperan aktif memakmurkan negeri dan memuliakan keluarga sebagai fondasi utama menghasilkan generasi yang kuat.

Sementara itu, deklarasi Masyarakat Kepri Antihoax, berisi beberapa komitmen yaitu bersatu padu, saling menghormati dan saling menguatkan untuk selalu menyuarakan kebenaran dan melawan berbagai bentuk fitnah, kebohongan atau hoaks.

Kemudian masyarakat Kepri mengajak seluruh elemen masyarakat tanpa membedakan gender, usia, agama, suku dan golongan untuk memanfaatkan media sosial secara positif dan produktif, cerdas dan mengedukasi masyarakat dengan menyampaikan berbagai informasi yang benar, tidak menjadi penyebar hoaks.

Dan masyarakat Kepri menghimbau masyarakat lain agar tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu hoaks dan mendukung terhadap penangkapan pelaku hoax dari kelompok yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Deklarasi 2019 Kita Tetap Bersaudara dan Masyarakat Kepri Antohoaks dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama BIN, Pemprov Kepri, BP Kawasan Batam, Polda Kepri, Pemkot Batam dan ISSI.

Ketua Panitia Sepeda Nusantara 2018 Batam, Jadi Rajagukguk mengatakan kegiatan itu mengajak masyarakat hidup sehat.

“Menjelang tahun politik 2019, kami mengajak masyarakat untuk menjaga persaudaraan dengan bersama mendeklarasikan #2019KITATETAPBERSAUDARA,” kata dia.

Gelaran Sepeda Nusantara 2018 di Batam diikuti sekitar 5.000 orang peserta.(WST/YN/Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.