Home Berita Daerah MUI Sumut : Al Quran Tak Cukup Hanya Dibaca dan Ditafsirkan

MUI Sumut : Al Quran Tak Cukup Hanya Dibaca dan Ditafsirkan

207
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Medan – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara menggelar seminar internasional, “Khairu ummah bada-a minal fahmish shahiihi lilquraanil kariim’ (Ummat terbaik bermula dari pemahaman yang benar terhadap Al Quran Al Karim). Seminar berlangsung di aula kantor MUI Sumatera Utara, Medan, pada Rabu (23/9).

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri MUI Sumut, Prof. Zainal Arifin. Dalam sambutannya berbahasa Arab, Prof. Zainal Arifin yang juga Pembina Safir Al Azhar OIAA Sumut menekankan bahwa sebaik-baik umat muncul dari pemahaman yang benar terhadap Al Quran.

Seminar ini dihadiri oleh banyak elemen masyarakat Sumut yang terdiri dari para ulama, pimpinan pesantren, lembaga-lembaga tafhidz Al Quran, dan lainnya.

Dalam seminar Ketua MUI Sumut yang juga Ketum OIAA Sumut, Prof. Abdullah Syah, menegaskan bahwa Al Quran tak cukup hanya dibaca, dikaji dan dibahas saja. Namun, harus diamalkan seluruh petunjuk yang ada di Al Quran.

“Kalau Al Quran hanya dibaca dan ditafsirkan saja tanpa diamalkan sama seperti Orientalis. Mereka lebih menguasai hal itu,” imbuhnya.

“Umat Islam selain membaca  Al Quran, seyogyanya menguasai, mengamalkan dan mengajarkan Al Quran. Itu sangat bermanfaat bagi kita,” pungkasnya.

Seminar ini dimoderatori Mukhlis Mubarak Dalimunthe, Ketua Harian OIAA Sumut dan dihadiri para narasumber baik dalam maupun luar negeri. Di awal seminar, para peserta diberikan bingkisan menarik berupa buku Tafsir Inspirasi, karya monumental Prof. Zainal Arifin.

“Semoga seminar ini membawa berkah bagi Sumut demi terciptanya masyarakat yang mampu memahami Alquran dengan benar,” sambutan Fadli Sudiro, Direktur Madinatul Qur’an yang juga ketua panitia seminar. (WST/RS/YEM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.