Home Berita Daerah RAT Koperasi Darul Fikri, Memperkuat Ekonomi Umat

RAT Koperasi Darul Fikri, Memperkuat Ekonomi Umat

341
0
SHARE

Wasathiyyah.com — Koperasi Darul Fikri Garut hari ini, Ahad (6/5), melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Aula Umat 175 Pondok Pesantren Quran Terpadu (PPQT) Darul Fikri Garut.

Koperasi di Kampung Cipepe ini bermula dari ketika Ustadz Udo Yamin Majdi menyalurkan bantuan sebesar Rp. 3.000.000 kepada 10 guru yang beliau bina. Pimpinan PPQT Darul Fikri Garut itu menyarankan uang tersebut menjadi modal untuk mendirikan koperasi.

“Saya masih ingat, koperasi ini awalnya, modalnya tiga juta. Dan alhamdulillah, di tahun kedua ini, dana yang bergulir lebih dari tiga puluh juta, dan SHU mencapai lima belas juta.” Ujar ustadz muda asal Lampung di hadapan enam puluh tiga anggota koperasi.

Setelah Udo Yamin memberikan sambutan atas nama pesantren sekaligus pengurus yayasan, pembawa acara mempersilahkan Cecep Ernanto untuk memberikan pencerahan kepada anggota koperasi.

Cecep memaparkan pentingnya memperkuat ekonomi umat. Menurut aktivis yang konsentrasi dalam pemberdayaan masyarakat itu, pengalaman selama dua tahun dan ditambah anggota sebanyak 63 orang, ini menjadi modal besar untuk membangun ekonomi berbasis jama’ah.

“Saya sangat yakin, kalau ibu-ibu semua komitmen untuk berjamaah dalam ekonomi, maka bukan hanya bisa membantu ibu sekeluarga saja, melainkan bisa membantu saudara seiman yang lainnya.” Kata pengusaha muda Garut itu.

Acara dilanjutkan dengan RAT yang dipimpin oleh bendahara Ami Rahmawati Muslimah, Lc. Alumni Universitas Al-Azhar Mesir jurusan tafsir dan ilmu Quran melaporkan bahwa sisa hasil usaha (SHU) sebesar 15.226.250. Pengurus koperasi mengalokasikan SHU untuk dibagikan ke anggota 40%, dimodalkan kembali 40%, Pengurus 10%, Operasional 5% dan untuk dana sosial 5%.

SHU untuk anggota dibagikan dalam bentuk sembako, tidak dalam bentuk uang.

“Ibu-ibu, SHU kita bagikan dalam bentuk sembako ya, biar ibu-ibu tidak perlu lagi belanja untuk persiapan Ramadhan. ” Katanya sebelum membangikan paket sembako. (YNF/WST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.