Home Berita Daerah Universitas Airlangga Temukan Alat Pendeteksi Corona dengan Akurasi Nyaris 100 %

Universitas Airlangga Temukan Alat Pendeteksi Corona dengan Akurasi Nyaris 100 %

214
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Surabaya – Kabar menggembirakan sekaligus membanggakan datang dari salah satu kampus di tanah air. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berhasil menemukan alat pendeteksi virus Corona dengan tingkat keakuratan 99%.

Dalam penelitian dan penemuan ini Universitas Airlangga tidak sendirian melainkan bekerjasama dengan Kobe University, Jepang.

“Kami dan Kobe University telah menemukan reagen Virus Corona. Permasalahan ketersediaan alat pendeteksi di Indonesia ini sempat menjadi kekhawatiran dari masyarakat,” ujar Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih di Surabaya, Senin (3/2).

Rektor Muhammad Nasih menjelaskan bahwa reagen temuan ini dapat mengidentifikasi virus Corona pada diri seorang pasien yang suspect virus asal Wuhan, China tersebut.

Ia menjelaskan bahwa akurasi reagen ini dalam mendeteksi Corona mencapai 99%. “Pemeriksaan dilakukan terhadap dahak pasien. Kalau hasilnya sama dengan parameter positif maka akan dilakukan penanganan khusus,” jelasnya.

Penanganan khusus yang dimaksud sudah termasuk kesiapan tim khusus yang bertugas menangani pasien virus Corona dan ruang isolasi di RS Unair dan RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Rektor Nasih menjelaskan bahwa temuan ini bisa memudahkan masyarakat untuk mengonfirmasi ada atau tidaknya virus. “Identifikasi virus ini tidak lama, hanya hitungan jam, tapi mekanismenya sudah sesuai standar WHO,” ungkapnya.

Ia pun memaparkan bahwa keberhasilan Unair menemukan reagen ini tidak lepas dari dukungan Kobe University dan relasi di Jerman dalam mengakses data dan gen virus Corona dari bank virus. (WST/RS/ayosemarangcom)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.