Home Berita Daerah Diskusi Wasathiyatul Azhar di Sumatera Selatan

Diskusi Wasathiyatul Azhar di Sumatera Selatan

333
0
SHARE
Suasana diskusi Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Indonesia, (OIAAI) cabang Sumatera Selatan, bertemakan “Ramadan dan Wasathiyatul Azhar_” (Ramadan dan Moderasi Al Azhar) dalam rangka memperingati ulang tahun Univ. Al Azhar di Mesir yang ke 1079 pada hari Ahad (2/6/2019).

Wasathiyyah.com, Palembang – Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Indonesia, (OIAAI) cabang Sumatera Selatan menggelar Diskusi  dengan tema _“Ramadan dan Wasathiyatul Azhar_” (Ramadan dan Moderasi Al Azhar) dalam rangka memperingati ulang tahun Univ. Al Azhar di Mesir yang ke 1079 pada hari Ahad (2/6/2019), bertempat di aula Rumah Quran El Fajr Palembang.

Ketua OIAAI cabang Sumatera selatan, Ahmad Soleh Sakni Lc. MA menyampaikan bahwa, “Sebagai Alumni Azhar mempunyai amanah besar untuk mengusung islam yang washati di setiap lini kehidupan kita sebagaimana misi Al-Azhar”.

Dalam diskusi ini Ust Mukhlis Lc. MA kandidat Doktor tafsir univ. Al Azhar menyampaikan pentingnya mengikuti Al Quran dan As Sunnah agar Islam selalu moderat, dalam hal ini beliau menukil keterangan dari Tafsir Ar Razy yang berkaitan dengan makna Wasathan pada (QS Al Baqarah [2]:143)

Selanjutnya Ust. Yan Syafril, Lc selaku divisi pendidikan menyampaikan juga pentingnya para alumni memahami lingkungan dakwah, dalam arti tempat dan siapa yang didakwahi. Sehingga narasi pemaham Islam model Al Azhar dapat dipahami dengan mudah.

Diskusi yang dimoderatori oleh sekjen OIAAI Sumsel H. Muhammad Siddiq Lc. MHI yang juga pimpinan ponpes Al Mubarokah itu dihadiri alumni Al Azhar se sumatera selatan dan diselenggarakan di Rumah Quran El Fajr Palembang.

Diskusi tersebut menghasilkan kesepakatan tentang perlunya mengadakan hari komunikasi (hiwar) sebulan sekali antar alumni Al Azhar di wilayah Sumatera Selatan. Dimana pada bulan Juli akan diadakan pertemuan perdana di Pesantren Al Quranul Kareem yang dikelola oleh Ust Mukhlis di Palembang.

Di akhir kegiatan ketua OIAAI Maktab Sumatera Selatan menyampaikan program kerja terdekat organisasi, yaitu membantu adik-adik calon mahasiswa baru yang akan mengikuti seleksi tahap 1 yaitu tgl 16 juni 2019. Beliau meminta kepada setiap alumni untuk dapat membantu dan mensosialisasikan kepada peserta didiknya. Sehingga tahun ini OIAAI Sumsel dapat mengirimkan kader-kader terbaik untuk studi di Universitas Al-Azhar di Mesir. “Insyaallah tahun ini kita akan mengadakan try out kembali selama 3 hari yaitu tgl 12,13, 14 juni 2019. Adapun tempat masih dalam proses penjajakan.” tuturnya.

Usai Diskusi para peserta menikmati hidangan yang telah disajikan lalu kemudian shalat maghrib berjamaah. (WST/RS/AH)

 

*Liputan oleh Andy Hariyono, Div Pendidikan OIAAI Sumsel.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.