Home Berita Daerah AMBS, Sekolah Cabang Al Azhar Cairo di Garut

AMBS, Sekolah Cabang Al Azhar Cairo di Garut

617
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Jakarta–Dalam rangka mewujudkan visi Al Mashduqi Boarding School (AMBS) yaitu Habituasi Pendidikan Karakter Generasi Qur’ani Menuju Madrasah Unggul Berwawasan Global, kemaren (30/12) pengurus Yayasan Al-Mashduqiyah Garut dan manajemen AMBS bersilaturahim dengan Ketua Yayasan Wakaf Cakrawala Insan Azhari di Azhari Islamic School Lebak Bulus untuk membicarakan proses penandatanganan MoU AMBS menjadi Sekolah Cabang Al Azhar Cairo Mesir.

Tahun 2004, Dr. KH. M. Syairozi Dimyathi, M. Ed., mendirikan Yayasan Wakaf Cakrawala Insan Azhari (CIA). Di bawah yayasan ini bernaung puluhan Sekolah Cabang Al Azhar Cairo, diantaranya Azhari Islamic School Lebak Bulus.

“Dulu, tahun 2001, saat saya pulang dari Mesir ke Indonesia, saya kesulitan mencari sekolah untuk tiga anak saya, semua kelahiran Mesir,” kata dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu di hadapan manajemen AMBS dan rombongan salah satu pesantren dari Jawa Timur.

Di hadapan para tamu yang akan bergabung di Jaringan Ma’had Azhari Indonesia (JAMA’I) itu, Ustadz Syairozi menjelaskan mengapa, apa dan bagaimana kurikulum Al-Azhar Mesir.

Ketua Yayasan Al-Mashduqiyah Garut, H. Arif Bakhtiar, S.Th.I mengungkapkan bahwa penjelasan dari doktor alumnus Universitas Al Azhar Mesir bidang kurikulum itu, semakin meneguhkan untuk bergabung dengan JAMA’I.

Sebelumnya, memang sudah ada komunikasi antara AMBS dengan CIA. Bahkan pihak CIA sudah berkunjung melakukan survei dan uji kelayakan, apakah AMBS memenuhi syarat untuk menjadi Sekolah Cabang  Al-Azhar Cairo.

“Bismillah, insya Allah, kami akan bergabung menjadi Sekolah Cabang Al Azhar Cairo,” ujar Arif Bakhtiar didampingi kepala sekolah MA AMBS, Ustaz Rofieq Azhar, S.Ag., MM., dan bidang kurikulum AMBS, Ustaz Mukhtar Arifin al-Hafiz, S.S.

Arif Bakhtiar memberitahukan bahwa MoU antara AMBS dan CIA ini insya Allah akan dilakukan pada tanggal 18 Desember 2019, sekaligus mengundang Syaikh Hasan Thaha dari Mesir untuk mengisi acara di AMBS.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah MA Unggulan AMBS, Rofieq Azhar, bersyukur AMBS akan menjadi Sekolah Cabang Cairo satu-satunya di Garut dan berharap dengan bergabungnya AMBS ke JAMA’I akan mempermudah merealisasikan cita-cita para orang tua menyekolahkan anaknya ke Mesir.

“Berdasarkan info dari pihak Cakrawala Insan Azhari, bahwa ijazah SD Azhar bisa melanjutkan sekolah ke jenjang menengah di Al Azhar Mesir, begitu pun tamatan SLTP- nya bisa melanjutkan ke  jenjang SLTA, dan tamatan SLTA atau MA, bisa kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir tanpa tes, sebab ijazahnya sudah diakui oleh Al Azhar Mesir. Mohon doa dan support dari semua pihak, terutama dari Pembina, sesepuh dan warga Garut.” Jelas Rofieq Azhar. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.