Home Berita Daerah Laziswaf Maqwa Krui, Siap Jemput dan Salurkan Zakat di Pesisir Barat

Laziswaf Maqwa Krui, Siap Jemput dan Salurkan Zakat di Pesisir Barat

143
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Krui—Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah dan Wakaf (Laziswaf) Maqwa Krui, hari ini (Sabtu, 1/5/2021) di kantor Laziswaf Maqwa, menggelar Rapat Pengurus untuk membahas pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat. Selain Dewan Pengurus, juga hadir Dewan Pembina Laziswaf H. Furqan Balyan dan H. Muzni HM serta ketua Yayasan Warotsatul Anbiya Lampung Syahrir, A.Md.

Dalam rapat tersebut, Direktur Laziswaf Maqwa, Ustaz Udo Yamin Majdi mengemukakan bahwa agenda utama rapat untuk membahas tentang persiapan pengelolaan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal, serta membahas perkembangan wakaf mobil jemputan penghafal Quran dan zakat Quran Pelosok Negeri.

“Agenda utama kita, pertama membahas persiapan pengelolaan zakat di akhir Ramadhan, dan kedua perkembangan wakaf mobil dan distribusi wakaf quran,” ujar Ustaz Udo Yamin Majdi di hadapan peserta rapat.

Laziswaf Maqwa secara de facto sudah berdiri sejak terbentuknya Yayasan Warotsatul Anbiya (YWA) Lampung pada tanggal 12 Juni 2012. Apalagi ketika tahun 2013, YWA Lampung membebaskan tanah wakaf untuk lokasi Krui Maqwa Islamic Boarding School (Pesantren Maqwa Krui) dan melaksanakan Program Beasiswa Anak Sholeh dengan mengirim para putra daerah belajar di beberapa pesantren di Jawa Barat, pengelolaan ZISWAF sudah berjalan.

Hanya saja, secara de jure, Laziswa Maqwa mulai dibentuk akhir tahun 2020 dan dilaunching pada tanggal 3 April 2021. Saat ini, Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang dipimpin oleh Ustaz Udo Yamin Majdi ini, sedangkan melakukan proses untuk mendaftarkan diri Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kamenag) Lampung sebagai LAZ Berskala Kabupaten/Kota sekaligus akan mendaftarkan diri ke Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai nazhir.

Dengan demikian, Laziswaf Maqwa memiliki 2 fungsi yaitu sebagai Amil Zakat sekaligus Nazir. Sebagai Amil Zakat, Laziswaf Maqwa menggulirkan 17 program Umat Sejahtera meliputi 4 bidang yaitu bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan dakwah/sosial. Sedangkan sebagai nazhir, menawarkan 8 program Umat Produktif meliputi wakaf aset dan wakaf produktif.

Dalam rapat pengurus tersebut, semua peserta sepakat mulai tahun ini, Laziswaf Maqwa mulai melaksanakan pengelolaan –pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaa—zakat fitrah dan zakat maal mulai dari tanggal 2 Mei 2021 hingga 12 Mei 2021.

Secara teknis, setiap hari pengurus Laziswaf Maqwa akan ada yang piket dan siap menerima zakat di kantor Laziswaf Maqwa yang beralamat di Jalan Raya Kota Krui No. 069 Pasar Ulu Kelurahan Pasar Kota Krui kecamatan Pesisir Tengah Krui kabupaten Pesisir Barat Lampung.  Dalam waktu yang sama, ada tim jemput zakat yang akan menyampaikan surat pemberitahuan, brosur dan akan mengambil zakat kaum muslimin.

“Insya Allah kita ada dua tim, ada yang tim piket untuk menerima zakat di kantor dan ada yang tim jemput zakat,” kata Ustaz Udo Yamin Majdi yang selama hampir 10 tahun mengelola LAZ Kas Peduli Berbagi di Garut itu.

Selain antar zakat/setor tunai (cash) dan layanan jemput zakat, untuk memudahkan para muzaki menunaikan zakat, maka Laziswaf Maqwa juga menyediakan layanan transfer ke rekening Laziswaf Maqwa ini: Bank Syariah Indonesia (BSI) nomor rekening 7150510044 atas nama Zakat Maqwa atau Bank Rakyat Indonesia (BRI) nomor rekening 5659-01-036224-53-3 atas nama Laziswaf Maqwa. Untuk konfirmasi ke nomor WA: 0821-2124-2541.

“Untuk memudahkan muzaki, Kita juga menerima zakat lewat transfer,” pungkas Ustaz Udo Yamin Majdi. (WST/YNF)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.